Kondisi Situs Warisan PT Timah di Dabo Singkep Memperihatinkan

Lingga, Seputar Kepri168 Dilihat

Infolingga.com, Lingga – Situs warisan peninggalan sejarah PT. Timah yang pernah berjaya di taman pagoda dabo singkep kini kondisinya sangat memperihatinkan.

Terakhir saat pandemi COVID-19 taman pagoda ini dijadikan ruang karantina dan ruang isolasi penanganan COVID-19.

banner 336x170

Tidak pernah dikunjungi lagi sejak pandemi merebak tahun 2020 hingga saat ini, jembatan penghubung mulai roboh, serta banyak terdapat lumpur dan semak di kolam utama.

Selain itu, lantainya pun banyak yang retak dan tidak terawat ditambah tergerus air hujan. Sebagian warga dabo enggan mengunjungi taman pagoda Dabo Singkep selain sepi juga terkesan angker.

Bupati Lingga M. Nizar mengatakan, situs warisan bekas PT. Timah ini akan dijaga terkait pembangunannya akan didiskusikan antara Camat Singkep bersama Dinas PUTR Lingga.

“Kemarin antara Camat Singkep bersama Dinas PUTR coba di bicarakan, karena ini juga merupakan peninggalan sejarah PT. Timah dan harus dijaga,” kata Nizar.

Baca Juga :   Jaga Semangat Pengabdian, Kapolres Lingga Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional

Jangan sampai situs warisan PT. Timah ini hancur dimakan zaman, ketika nanti seiring berjalannya waktu timbul masalah baru dikerjakan itu yang harus dihindari.

“Maka ini agar di koordinasikan antara Camat dan OPD Teknis yakni Dinas PUTR,” imbuhnya.

Diketahui taman pagoda ini menjadi tempat favorit warga untuk kumpul di waktu libur bersama keluarga di setiap harinya.

Berbagai wahana permainan mulai dari sampan bebek hingga memberi makan ikan di sekitar kolam, di area kolam juga terdapat bunga teratai yang menambah daya tarik pengunjung. (Red)


banner 500x204

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *