Diskominfo Lingga: Permasalahan Sinyal Telekomunikasi Menjadi Tanggung jawab Provider

Infolingga.com, Lingga – Diskominfo Lingga menyebutkan telekomunikasi merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat di Bunda Tanah Melayu.

“Alhamdulillah sejauh ini masyarakat semakin cerdas dan responsif terhadap perkembangan teknologi dan informasi,” kata Kadis Kominfo Lingga, Izjumadillah, Jumat (5/7/2024).

banner 336x170

Itulah sebabnya mengapa kehadiran BTS provider telekomunikasi sangatlah penting dalam pemerataan cakupan telekomunikasi.

“Perlu kami sampaikan, di Kabupaten Lingga pada tahun 2019 terdapat 64 jumlah tower dan dari jumlah tersebut ada beberapa yang perlu dioptimalkan layanannya bahkan masih ada yang hanya beroperasi layanan 2G,” ujarnya.

Menurutnya, layanan 2G ini hanya mampu melayani panggilan telepon dan SMS sementara sekarang teknologi menggunakan layanan 4G.

Sekarang ini pada tahun 2024 sudah terbangun 100 tower BTS oleh para provider yang menunjukan kemajuan signifikan dan ini juga hasil koordinasi Pemerintah Daerah melalui Diskominfo dengan pihak-pihak terkait, baik Provider Telekomunikasi maupun pemerintah pusat dan Kementerian Kominfo.

“Yang memang mempunyai wewenang selain pihak swasta untuk melakukan pembangunan Tower Telekomunikasi,” jelasnya.

Baca Juga :   Wisata di Bunda Tanah Melayu: Menyusuri Sejarah dan Keindahan Alam Pulau Berhala

Sebagai contoh permasalahan yang ada beberapa tahun lalu diantaranya Pulau Pekajang yang secara geografis jauh dari Pusat pemerintahan dan tergolong wilayah yang terisolir di Kabupaten Lingga.

“Pada 2015 Desa Pekajang ini tidak memiliki akses Internet bahkan tidak memiliki akses Telekomunikasi sehingga menyulitkan warga setempat dalam melakukan komunikasi,” ujarnya.


banner 500x204

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *