Tim BPBD Lingga Evakuasi WNA Malaysia yang Terjebak di Gunung Daik

Infolingga.com, Lingga – Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lingga berhasil mengevakuasi seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia yang terjebak di Gunung Daik Lingga. Pria bernama Shaharom bin Mohd Yusuf (69) tersebut mengalami kelelahan setelah diguyur hujan deras saat mendaki gunung tersebut.

Kepala BPBD Lingga, Oktanius Wirsal, menyatakan bahwa pihaknya menerima laporan mengenai insiden ini pada Senin (3/6/2024) dan segera melakukan evakuasi dari pos 2 Gunung Daik Lingga.

banner 336x170

“Kami mendapatkan laporan adanya wisatawan yang tidak mampu kembali ke homebase. Maka kami langsung melakukan evakuasi yang saat itu berada di pos 2 Gunung Daik,” ujar Okta.

Baca Juga :   Pemkab Lingga akan Lanjutkan Proyek Drainase Mayor di Kelurahan Dabo

Tim BPBD berangkat pada pukul 02.00 dini hari dan tiba di lokasi sekitar pukul 04.30. Pada pukul 06.00 pagi, Shaharom berhasil dibawa turun ke base camp dan segera dilarikan ke RSUD Encik Mariam untuk mendapatkan pengecekan medis. “Wisatawan tersebut dalam kondisi baik-baik saja,” jelas Okta.

Dijelaskan lebih lanjut, Shaharom mendaki Gunung Daik bersama sembilan orang lainnya. Namun, akibat kelelahan dan kedinginan setelah diguyur hujan deras, Shaharom tidak mampu melanjutkan perjalanan turun bersama kelompoknya. “Sembilan orang lainnya berhasil turun lebih dulu pada malam hari, sedangkan korban terpaksa tinggal di pos 2 bersama dua penunjuk jalan,” bebernya.

Okta berharap insiden ini menjadi pembelajaran bagi para pendaki agar lebih memperhatikan kondisi fisik dan cuaca sebelum melakukan pendakian. “Semoga kejadian seperti ini tidak kembali terjadi,” imbuhnya.


banner 500x204

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *